PERTEMUAN 6 , SETUP MASTER DATA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN KONSEP MULTI CURRENCY

 SETUP MASTER DATA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN KONSEP MULTI CURRENCY

A.   Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan

Langkah-langkah memasukan Data Pelanggan :

1.       Pilih menu Card File pada Commond Centre, kemudian pilih Card List

2.       Pilih tab Customer, kemudian pilih tombol New

3.       Pada kotak dialog Card File untuk tab Profile isi data

4.       Setelah itu, klik tab Selling Details. Isikan data

Item price level  : USD

Tax Code               : PPN

Freight Tax Code                : N-T

Langkah-langkah memasukan Data Supplier :

1.       Pilih menu Card File pada Commond Centre, kemudian pilih Card List

2.       Pilih tab Supplier, kemudian pilih tombol New

3.       Pada kotak dialog Card File untuk tab Profile isi data

4.       Setelah itu, klik tab Buying Details. Isikan data

Tax code                                : PPN

Freight Tax Code                : N-T

Langkah-langkah memasukan Data Employee :

1.        Pilih menu Card File pada Commond Centre, kemudian pilih Card List

2.       Pilih tab Employee, kemudian pilih tombol New

3.       Pada kotak dialog Card File untuk tab Profile isi data

B.    Pencatatan Saldo Awal Akun

1.       Masukan nilai minus jika jumlah saldo awal perkiraan tersebut bersifat mengurangi perkiraan lain, misalnya untuk perkiraan Akumulasi Penyusutan potongan, retur dan prive. Dan masukan nilai minus jika akun yang ada di neraca saldo tidak pada posisi normal. Kolom saldo normal menentukan posisi debet atau kredit saat membuat data neraca saldo.

2.       Selisi pemasukan saldo awal akan ditampilkan pada bagian bawah form opening balance. Nilai selisih tersebut akan dialokasikan ke dalam akun Historical Balancing.

3.       Jika nilai saldo belum nol atau belum seimbang, maka ada yang salah dalam proses pengisiannya.

Langkah-langkah memasukan Saldo Awal Neraca Saldo :

1.       Pada menu Bar pilih menu Setup > Balance > Account Opening Balance

2.       Masukan nilai nominal saldo awal untuk masing-masing perkiraan pada kolom Opening Balance.

3.       Nominal akun Exchange akan secara default diberikan oleh ABSS Premier v20 dengan klik tombol Calculate Now.

4.       Setelah itu akan tampil kotak dialog Confirm Exchange Account Opening Balance kemudian klik tombol OK

C.    Pencatatan Saldo Piutang

Langkah-langkahnya :

1.       Pilih menu Setup > Balance > Customer Balance

2.       Pilih jenis Currency sesuai dengan data customer

3.       Pilih Customer yang ingin dibuatkan saldo piutangnya

4.       Klik tombol Add Sale

5.       Isikan data-data saldo piutang

6.       Lanjutkan untuk mengisi saldo piutang hingga tampil pesan > klik OK

D.   Pencatatan Saldo Hutang

Langkah-langkah pembuatan saldo hutang :

1.       Pilih menu Setup > Balance > Supplier Balance

2.       Pilih jenis Currency sesuai data suppliernya

3.       Pilih supplier yang ingin dibuatkan saldo hutangnya

4.       Klik Add Sale

5.       Isi data-data saldo hutang

6.       Lanjutkan untuk mengisi saldo hutang hingga tampil pesan > klik OK

E.    Pencatatan Persediaan Barang

1.       Setup item list

1)      Pilih modul Iventory

2)      Item list > New

3)      Isi data pada tab Profile, Buying Detail, dan Selling Details

2.       Opening Balance untuk persediaan

Langkah-langkahnya :

1.       Pada Command Center pilih Iventory

2.       Pilih Count Iventory

3.       Isi jumlah kuantitas setiap barang pada kolom Counted > klik Adjust Iventory

4.       Tampil kotak dialog Default Expense Account (pilihan ini bisa dikosongkan) > klik Continue > Kllik Opening Balance

5.       Tekan CTRL+R untuk melihat Jurnal dari Adjust Iventory yang sudah diinput > klik OK

6.       Klik tombol Record

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTEMUAN 10, BAB X TUGAS MANDIRI (STUDY KASUS SINGLE CURRENCY)

PERTEMUAN 5, DATA PERUSAHAAN BARU DENGAN KONSEP MULTI CURRENCY