Pertemuan 2 MATKUL APK Komputer Akuntansi II

on tuesday, 20-09-2022

PERTEMUAN II


SETUP MASTER DATA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN KONSEP SINGLE CURRENCY


A  PEMBUATAN DATA PELANGGAN, DATA PEMASOK, DAN DATA KARYAWAN

Berikut langkah-langkah pembuatan Data Pelanggan, yakni:

1. Pilih Card File > Card List

2. Tampilan awal menu Card List > Klik New 35

3. Tentukan Card Type terlebih dahulu, kemudian pilih Designation dan mulailah isi data yang sudah tersedia > Klik OK

4. Lakukan hal yang sama untuk Data Pelanggan yang lain.

Data Pemasok

Berikut langkah-langkah pembuatan Data Pemasok, yakni:

1. Pilih Card File > Card List

2. Tampilan awal menu Card List > Klik New 36

3. Tentukan Card Type terlebih dahulu, kemudian pilih Designation dan mulailah isi data yang sudah tersedia > Klik OK

4. Lakukan hal yang sama untuk Data Pemasok yang lain

Data Karyawan

Berikut langkah-langkah pembuatan Data Karyawan, yakni:

1. Pilih Card File > Card List

2. Tampilan awal menu Card List > Klik New 38

3. Tentukan Card Type terlebih dahulu, kemudian pilih Designation dan mulailah isi data yang sudah tersedia > Klik OK

B.      SETUP SALDO AWAL AKUN

Berikut langkah-langkah pembuatan Neraca Saldo, yakni:

1. Pilih menu Setup > Balances > Account Opening Balances

2. Masukan nominal dari setiap akun > klik OK

C.      PENCATATAN SALDO PIUTANG

Data Saldo Piutang 31 Desember 2019

Berikut langkah-langkah pembuatan Data Pemasok, yakni:

1. Pilih menu Setup > Balances > Customer Balances

2. Tampilan awal dari customer balances. Kemudian pilih Customer Summary. Pilih nama pelanggan yang dibutuhkan. Klik Add Sale.

3. Pilih Customer Name

4. Isi data sesuai dengan kebutuhan > klik Record

5. Lakukan hal yang sama dengan data Saldo Piutang lainnya sampai dengan munculnya tampilan berikut:

D.      PENCATATAN SALDO HUTANG

Data Saldo Hutang 31 Desember 2019

Berikut langkah-langkah pembuatan Data Pemasok, yakni:

1. Pilih menu Setup > Balances > Supplier Balances

2. Tampilan awal dari supplier balances. Kemudian pilih Supplier Summary. Pilih nama pelanggan yang dibutuhkan. Klik Add Purchase.

3. Pilih Supplier Name

4. Isi data sesuai dengan kebutuhan > klik Record

5. Lakukan hal yang sama dengan data Saldo Hutang lainnya sampai dengan munculnya tampilan berikut:

E.       PENCATATAN PERSEDIAAN BARANG

Berikut langkah-langkah pembuatan Data Barang, yakni:

1. Pilih menu Inventory > Item List

2. Klik New 44

3. Isi data persediaan barang sesuai dengan kebutuhan > Klik OK

Catatan:

I Buy Thie Item, apabila membeli barang untuk dijual kembali. I Sell Thie Item, apabila barang dijual kembali. I Inventory This Item, apabila nilai barang yang dijual tersebut dicatat dalam rekening persediaan (inventory).

4. Lakukan hal yang sama dengan data persediaan barang lainnya dengan menyesuaikan kelompok produk untuk kode akun yang digunakan pada tab Profile.

F.       PEMBUATAN DATA JOBS

Langkah-langkah dalam pembuatan Data Jobs sebagai berikut:

1. Pilih menu List > Jobs

2. Tampilan awal Jobs

3. Klik button News > Isi data Jobs yang dibutuhkan > OK

G.      INVENTORY OPENING BALANCE

 Jumlah persediaan barang yang dimiliki oleh perusahaan dapat dimasukan pada menu Count Inventory. Langkah-langkah penginputan jumlah persediaan barang, yakni:

1. Pilih menu Inventory > Count Inventory

2. Pada bagian Counted, ketik secara manual jumlah persediaan barang, kemudian Klik Adjust Inventory > Continue > Opening Balance

3. Kemudian masukkan nominal HPP dari masing-masing barang pada kolom Unit Cost > Record. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTEMUAN 10, BAB X TUGAS MANDIRI (STUDY KASUS SINGLE CURRENCY)

PERTEMUAN 6 , SETUP MASTER DATA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN KONSEP MULTI CURRENCY

PERTEMUAN 5, DATA PERUSAHAAN BARU DENGAN KONSEP MULTI CURRENCY